Kamis, 11 April 2013

Pengertian Muhammadiyah


Pengertian Muhammadiyah
a. Arti Bahasa

Kata “ Muhammadiyah “ Berasal dari Bahaas Arab “ Muhammad” yaitu nama Nabi dan Rosul Terakhir kemudian mendapat “Yah” Nisbiah (menjeniskan) artinya pengikut-pengikut Muhammad saw.

b. Arti Istilah
Adalah Perserikatan ( Organisasi ) / gerakan da’wah Islam, Amar ma’ruf nahi munkar, yang didirikan oleh K.H. A. Dahlan pada tanggal 8 Djulhijjah 1330 H. bertepatan dengan 18 Nopember 1912 M. di Yogyakarta. 

Persyarikatan ini memakai nama Muhammad karena sesuai dengan sifatnya : yaitu menghimpun pengikut-pengikut Nabi Muhammad SAW, dan bertujuan mengikuti jejak Rasulullah S.A.W.

c. Maksud dan tujuan Muhammadiyah 
Maksud dan tujuan Muhammadiyah adalah menegakkan dan menjungjung tinggi agama Islam sehingga terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhai Allah swt. 

c. Arti Lambang 




Sinar matahari yang berjumlah dua belas adalah perincian warga Muhammadiyah sebagai orang yang bertugas mengantarkkan sinar iman, terus menerus selam 12 bulan tiap tahun. Sinar matahari yang berjumlah dua belas juga sebagai pencerminan sikap warga Muhammadiyah yang ingin mentauladani sikap kaum hawariy (yang berjumlah dua belas orang), sahabat Nabi Isa a.s. yang tercermin dari sebuah dialog antara mereka dengan Nabi Isa : siapakah yang mau menjadi penolong-penolong agama Allah ? “ Mereka menjawab, “ Kami yang bersedia menjadi penolong agama-Nya “ (Qs-AsShaf 14). 
Dua kalimah Syahadat yang melingkar melambangkan tauhid yang menjadi landasan gerakan Muhammadiyah serta menegaskan ciri Muhammadiyah sebagai Organisasi Islam.
Tulisam Muhammadiyah terletak di tengah-tengah dengan huruf Arab yang artinya pengikut Nabi Muhammad. Dengan demikian organisasi ini berkehendak mencontoh segala perjuangan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad.

e. dasar amal usaha dan perjuangan muhammadiyah
Dalam perjuangan melaksanakan usahanya menuju tujuan terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhai Allah swt, dimana kesejahteraan, kebaikan dan kebahagiaan luas merata, Muhammadiyah mendasarkan segala gerak dan amal usahanya atas perinsip yang tersimpul dalam Muqoddimah Anggaran Dasar, yaitu :
1. Hidup Manusia harus berdasarkan tauhid, ibadah dan taat kepada Allah. 
2. Hidup manusia bermasyarakat.
3. Mematuhi ajaran-ajaran agama Islam itu satu-satunya landasan keperibadian dan ketertiban bersama untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.
4. Menegakan dan menjungjung tinggi agama Islam dalam masyarakat adalah kewajiban sebagai ibadah kepada Allah dan ikhlas kepada ke manusiaan.
5. “ Ittiba “ kepada langkah perjuangan Nabi Muhammad SAW.
6. Melancarkan amal usaha dan perjuangan dengan ketertiban organisasi.

F.Pedoman Amal Usaha Dan Perjuangan Muhammadiyah 
a. Al – Qur’an
b. Al – Hadist
c. Tarjih
g. Struktur muhammadiyah
Pimpinan Pusat ( Ibu Kota jakarta dan Yogyakarta )
Pimpinan wilayah ( Tingkat propinsi )
Pimpinan Daerah ( Kabupaten / kota madya )
Pimpinan Cabang ( Tingkat Kecamatan )
Pimpinan Ranting ( Tingkat Desa.Kelurahan.Dusun.masjid – Masjid )

Struktur Pimpinan Muhammadiyah
Ketua Umum,sekretaris Umum dan dibantu beberapa ketua serta dibantu beberapa badan yang disebut dengan Majelis dan Lembaga

h.Tujuan pendidikan muhammadiyah
Perguruan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Bertujuan Untuk :
1. Mencapai tujuan pendidikan Muhammadiyah, yaitu : Terwujudnya manusia muslim yang bertaqwa, berahlak mulia, cakap percaya kepada diri sendiri, cinta tanah air dan berguna bagi masyarakat dan negara, beramal menuju terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang di ridhoi Allah SWT.
2. Memajukan dan memperkembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk kemajuan ummat dalam pembangunan dalam masyarakat, bangsa dan negara.
3. Bersama pemerintah memajukan penyelenggaraan pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan UUD 1945 Pasal 31.

(Qaidah Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Bab 1, Ps 3)

http://pendidikan-info.blogspot.com/2010/03/pengertian-filsafat-dan-muhammadiyah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar